Print

FGD BUM Desa Jatilor
Bertempat di Balai Desa Jatilor, Senin (28/06/2021) Pemerintah Desa Jatilor menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pemetaan Potensi dan Peluang Bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB diikuti oleh para enterpreuner muda yang ada di Desa sebanyak 60 orang dengan menghadirkan narasumber dari Tenaga ahli Pemberdayaan Desa (TA) Kabupaten Grobogan. Dalam sambutannya Kepala Desa Jatilor, Purwadi mengatakan FGD ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan wawasan bagi pelaku usaha yang ada di Desa, bahwa dengan adanya pemetaan potensi dan peluang bisnis yang dapat dijalankan oleh BUM Desa Loka Mukti Jatilor tanpa merugikan para pengusaha yang ada di Desa. 

Selanjutnya Joko Prayogo Marsudi, dalam paparannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Desa Jatilor yang telah mengadakan kegiatan FGD. "Hal ini merupakan tindak lanjut disahkannya UU tentang Cipta Kerja dan juga PP 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. Dengan adanya regulasi baru tersebut, BUM Desa menjadi sebuah lembaga berbadan hukum, sehingga pada pelaksanaannya dituntut untuk lebih profesional untuk mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktifitas, menyediakan jasa pelayanan dan/atau jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa" terang Koordinator TA Kabupaten Grobogan tersebut.

"Untuk itu, perlu adanya keseriusan semua pihak yang ada di Desa (Pemerintah Desa, BPD, tokoh masyarakat, pengusaha) untuk bersinergi memetakan potensi desa dan mengambil peluang bisnis yang dapat dijalankan oleh unit usaha BUM Desa" lanjutnya. Selanjutnya pada sesi diskusi, banyak usulan dan masukan terkait peluang usaha yang dapat dilakukan oleh BUM Desa. Semua usulan tersebut ditampung dan diklasifikasi oleh Pemerintah Desa yang nanti akan dibahas dalam Musyawarah Desa mendatang.