“Terwujudnya Desa Jatilor yang Sejahtera dan Berprestasi” = SEMUA PELAYANAN DI DESA GRATIS= Silahkan Scan QR Code & Isi Survey Kepuasan Masyarakat
Desa Jatilor Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan

APRESIASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DESA TAHUN 2023

Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa 2023

1. Pengisian Self Assesment Questionnaire (SAQ)

A. KOMITMEN

NO  INDIKATOR PENILAIAN  YA  TIDAK  LINK 
 1 Apakah Desa Saudara memiliki Peraturan Desa terkait Keterbukaan Informasi/Pelayanan Informasi?  √    Link
 2 Apakah Desa Saudara memiliki Anggaran Khusus Pelayanan Informasi Publik?   √    Link
 3 Apakah Desa Saudara memiliki Sistem Informasi Desa?   √    Link
 4 Apakah Desa Saudara memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) atau Tim yang menangani Pelayanan Informasi Publik?   √    Link
 5 Apakah Desa Saudara memiliki program dan kegiatan berkaitan dengan pelaksanaan keterbukaan informasi publik   √    Link

 

B. SUMBER DAYA MANUSIA

NO  INDIKATOR PENILAIAN  YA  TIDAK  LINK 
 1 Apakah Desa Saudara pernah mengikuti pengembangan kapabilitas terkait pelayanan informasi publik desa?   √    Link
 2 Apakah Desa saudara pernah mengadakan sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik kepada Masyarakat?   √    Link
 3 Apakah Desa Saudara memiliki petugas khusus yang menanganani pelayanan informasi publik   √    Link
 4 Apakah Desa Saudara memiliki petugas yang mengelola kearsipan.   √     Link

 

C. DOKUMEN

NO  INDIKATOR PENILAIAN  YA  TIDAK  LINK 
 1 Apakah Desa saudara mengumumkan Profil Pemerintahan Desa?   
  a. Visi - Misi   √    Link
  b. tugas dan fungsi   √    Link
  c. struktur organisasi   √     Link
  d. profil Kepala Desa   √     Link
 2 Apakah Desa saudara mengumumkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa?   √     Link
 3 Apakah Desa saudara mengumumkan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa?   √    Link
 4 Apakah Desa saudara mengumumkan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa?   √     Link
 5 Apakah Desa saudara mengumumkan Laporan mengenai:    
  a. Laporan Penyelenggaraan Penyelenggaraan Pemerintah Desa akhir tahun anggaran?   √    Link
  b. Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa akhir masa jabatan?   √    Link
 6 Apakah Desa saudara mengumumkan Laporan Keuangan sekurang-kurangnya berisikan:    
  a. Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa?   √    Link
  b. Realiasasi Kegiatan?   √    Link
  c. Kegiatan yang belum selesai dan/atau tidak terlaksana?   √    LInk
  d. Sisa Anggaran?   √    Link
 7 Apakah Desa saudara mengumumkan Daftar?    
  a. peraturan Pemerintah Desa?   √    Link
  b. rancangan peraturan Pemerintah Desa?   √    Link
 8 Apakah Desa saudara mengumumkan informasi tentang hak dan tata cara mendapatkan Informasi Publik Desa?   √    Link
 9 Apakah Desa saudara menyediakan Surat perjanjian dengan pihak ketiga berikut dokumen pendukungnya?   √    Link
 10 Apakah Desa saudara menyediakan data aset/ inventaris Desa?   √    Link
 11 Apakah Desa saudara menyediakan Berita acara hasil musyawarah Badan Permusyawaratan Desa, Musyawarah Desa dan Muyawarah Perencanaan Pembangunan Desa   √    Link
 12 Apakah Desa saudara menyediakan Peraturan Desa tentang Pembentukan, penggabungan dan/atau Pembubaran BUM Desa?   √    Link
 13 Apakah BUM Desa dilengkapi dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga?   √    Link
 14 Apakah Desa Saudara sudah mengalokasikan anggaran penyertaan modal untuk BUM Desa?   √    Link
 15 Apakah Desa Saudara mengalokasikan BLT DD?   √    Link
 16 Apakah Desa Saudara mengumumkan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Penerima BLT DD?  √    Link

 

D. PARTISIPASI DAN AKSES

NO  INDIKATOR PENILAIAN  YA  TIDAK  LINK 
 1 Apakah Desa Saudara melibatkan masyarakat dalam menetapkan kebijakan/ peraturan?   √    Link
 2 Apakah Desa saudara memiliki forum formal untuk mendengar aspirasi masyarakat Desa?   √    Link
 3 Apakah Desa saudara menyediakan sarana prasarana layanan informasi publik   √    Link
 4 Apakah Desa Saudara menyediakan sarana pengaduan masyarakat   √    Link
 5 Apakah Desa Saudara melibatkan masyarakat dalam proses penyusunan APBDes   √    Link
 6 Apakah Desa saudara memiliki Media Sosial?   √    Link
 7 Apakah Desa Saudara menyediakan Informasi melalui Papan Proyek pada setiap kegiatan infrastruktur?   √    Link
 8 Apakah Desa Saudara memberikan tanda khusus pada rumah penerima KPM Jaring Pengaman Sosial:
  a. Program Keluarga Harapan (PKH)?  √    Link
  b. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)?  √    Link
  c. Bantuan Sosial Tunai (BST)?  √    Link
  d. Bantuan Pemutus Hubungan Kerja (PHK)?  √    Link

 

2. Visitasi

A. KUALITAS KETERSEDIAAN INFORMASI

  1. Mengumuman Daftar Informasi Publik
  2. Mengumumkan Informasi Berkala
  3. Mengumumkan Informasi Serta Merta
  4. Mengumumkan Informasi Setiap Saat
  5. Informasi Dikecualikan
  6. Media Informasi Publik Desa melalui Website
  7. Media Informasi Publik Desa melalui Media Sosial (Instagram, Facebook, Twitter)
  8. Media Informasi Publik Desa melalui Forum Informal
  9. Media Informasi Publik Desa melalui Papan Pengumuman
  10. Peraturan Desa tentang Keterbukaan Informasi Publik
  11. Surat Keputusan Penetapan PPID Desa
  12. Ketersediaan Anggaran Khusus Pelayanan Informasi Publik Desa
  13. Memiliki Ruang Pelayanan Informasi Publik
  14. Mengalokasikan Bantuan Tunai dan Non Tunai yang dilakukan oleh Pemerintah Desa
  15. Mengumumkan Informasi mengenai Pengadaan Barang dan Jasa
  16. Mengumumkan Alur dan Prosedur Pengaduan Masyarakat
  17. Maklumat Pelayanan Informasi Publik Desa
  18. SOP Penyusunan Daftar Informasi dan Dokumentasi Publik (DIDP)
  19. SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik
  20. SOP Penanganan Keberatan
  21. SOP Uji Informasi Publik
  22. SOP Pendokumentasian dan Pengarsipan Informasi Publik
  23. SOP pengumuman Informasi Publik
  24. SK Hak dan Kewajiban Pengguna dan Badan Publik
  25. SK Waktu pelayanan Informasi Publik Desa
  26. SK Standar Biaya Perolehan Informasi Publik
  27. Alur Permohonan Informasi
  28. Alur Pengajuan keberatan 
  29. Laporan Tahunan PPID Desa
  30. Register Permohonan Informasi Publik 

B. INOVASI LAYANAN INFORMASI PUBLIK (Aplikasi dan Non Aplikasi)

  1. Aplikasi SI CANTIK JELITA (Sistem Informasi Pencatatan Administrasi Kependudukan dan Jendela Informasi Terintegrasi)
  2. Aplikasi e-PPID Desa Jatilor (PPID Desa Jatilor berbasis Mobile)
  3. Fitur Ramah Disabilitas Screen Reader
  4. Fitur Ramah Disabilitas Accessibility Menu
  5. Formulir Permohonan Informasi Online
  6. Formulir Permohonan Informasi Online (Aplikasi Si Cantik Jelita)
  7. Formulir Permohonan Informasi Online (e-PPID Desa Jatilor Mobile)
  8. Program Layanan SEMILIR (Sehari permohonan informasi, langsung informasi terkirim)

 

MONITORING & EVALUASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PEMERINTAH DESA TAHUN 2023

A.Pengisian Self Assesment Questionnaire (SAQ)

1. INFORMASI WAJIB BERKALA

NO JENIS INFORMASI  NILAI  YA  TIDAK  LINK/BUKTI PENDUKUNG (FOTO) 
 1 Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2023 5 √     klik disini
klik disini
 2 Matriks Program atau kegiatan yang sedang dijalankan yang meliputi; nama program/kegiatan, jadwal waktu pelaksanaan, penanggungjawab sumber dan besaran anggaran tahun 2023   5  √   klik disini
 3 Matriks Program masuk Desa yang meliputi program dari Pemerintah Pusat, Daerah Provinsi, Daerah Kabupaten/Kota, dan pihak ke 3 (tiga) serta data penerima bantuan program tahun 2023   5  √   klik disini
 4  Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, Rencana Kerja Pemerintah Desa    5   √     klik disini
klik disini
 5 Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2023   5  √    klik disini
 6 Laporan Kinerja Pemerintah Desa yang meliputi paling sedikit: 
  a. Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran 2022;  5  √    klik disini
  b. Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir masa jabatan.  5  √    klik disini
 7   Daftar peraturan dan rancangan peraturan Pemerintah Desa   5   √        klik disini
klik disini
klik disini
 8 Informasi tentang hak dan tata cara mendapatkan Informasi Publik Desa  5   klik disini
 9 Laporan Keuangan Pemerintah Desa yang paling sedikit terdiri atas: 
  a. Laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2022 3 √    klik disini
  b. Laporan realisasi kegiatan tahun 2022 √    klik disini
  c. Kegiatan yang belum selesai dan/atau tidak terlaksana tahun 2022 3   klik disini
  d. Sisa anggaran tahun 2022 3   klik disini
  e. Alamat pengaduan 3   klik disini
10  Profil Badan Publik Desa     
  a. Alamat  √    klik disini
  b. Visi misi 4 √    klik disini
  c. Tugas dan fungsi  4 √    klik disini
  d. Struktur organisasi √    klik disini
  e. Profil singkat pejabat  √    klik disini
11  Apakah Desa saudara mengumumkan informasi tentang hak dan tata cara
mendapatkan Informasi Publik Desa? 
√     klik disini
12  Apakah Desa saudara menyediakan Surat perjanjian dengan pihak ketiga
berikut dokumen pendukungnya? 
√    klik disini
13  Apakah Desa saudara menyediakan data aset/ inventaris Desa?  √    klik disini
14  Apakah Desa saudara menyediakan Berita acara hasil musyawarah Badan
Permusyawaratan Desa, Musyawarah Desa dan Muyawarah Perencanaan
Pembangunan Desa? 
√    klik disini
   Jumlah Nilai 100       

 

2. KOMITMEN DESA

NO  JENIS INFORMASI  NILAI YA  TIDAK  LINK/BUKTI PENDUKUNG (FOTO) 
Memiliki Perdes Keterbukaan Informasi Publik?  20  √    klik disini Merah
Apakah Desa saudara memiliki anggaran khusus pelayanan informasi publik?  10  √     klik disini Merah
Apakah Desa saudara memiliki Sistem Informasi Desa?  20  √    klik disini Merah
4 Apakah Desa saudara memiliki Ruang Pelayanan Informasi?  10  √    klik disini Merah
Apakah Desa Saudara memiliki inovasi terkait Desa saudara :     
  a. Inovasi yang dilakukan Desa;  10  √    klik disini Merah
  b. Inovasi terkait Pelayanan Informasi Publik Desa.  10  √    klik disini Merah
6 Apakah Desa Saudara mengalokasikan Bantuan Tunai dan Non Tunai yang dilakukan Pemerintah Desa? 10   klik disini Merah
7 Apakah Desa Anda mengumumkan informasi pengadaan barang dan jasa? 10   klik disini Merah
  Jumlah Nilai 100      

 

3. KELEMBAGAAN

NO  JENIS INFORMASI  NILAI  YA  TIDAK  LINK/BUKTI PENDUKUNG (FOTO) 
Apakah Desa saudara memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan
Dokumentasi (PPID) atau tim yang menangani pelayanan informasi publik? 
20  √    klik disini
Apakah Desa saudara memiliki Surat Keputusan terkait Penetapan PPID
atau Tim yang menangani pelayanan informasi publik? 
20  √     klik disini
3   Apakah Desa saudara mengumumkan informasi melalui Media Sosial?  20  √       klik disini
klik disini
Apakah Desa saudara mengumumkan informasi melalui Papan Pengumuman?   10   √    klik disini
Apakah Desa saudara mengumumkan informasi melalui Forum Informal?  10  √    klik disini
Apakah Desa Saudara melibatkan Kelompok Informasi Masyarakat dalam menetapkan kebijakan/ peraturan?  20  √    klik disini
  Jumlah Nilai 100      

 

B. Visitasi dan Presentasi

      KOMITMEN

      (Anggaran, Kelembagaan dan Ketersediaan SDM, dan Sarana Prasarana)

  1. Peraturan Desa tentang Keterbukaan Informasi Publik
  2. Ketersediaan Anggaran Khusus Pelayanan Informasi Publik Desa Tahun 2023
  3. Memiliki Sistem Informasi Desa
  4. Memiliki Ruang Pelayanan Informasi
  5. Mengalokasikan Bantuan Tunai dan Non Tunai yang dilakukan Pemerintah Desa
  6. Mengumumkan informasi mengenai Pengadaan Barang dan Jasa
  7. Memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa
  8. Surat Keputusan Penunjukan Atasan PPID, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa
  9. Mengumumkan informasi melalui Media Sosial
  10. Mengumumkan informasi melalui Papan Pengumuman
  11. Mengumumkan informasi melalui Forum Informal
  12. Melibatkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam menetapkan kebijakan/peraturan
  13. Maklumat Pelayanan Informasi Publik
  14. SOP Penyusunan Daftar Informasi dan Dokumentasi Publik
  15. SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik
  16. SOP Penanganan Keberatan
  17. SOP Uji Informasi Publik
  18. SOP Fasilitasi Sengketa Informasi
  19. SOP Pendokumentasian dan Pengarsipan Informasi Publik
  20. SOP Pengumuman Informasi Publik
  21. SK Hak dan Kewajiban Pemohon, Pengguna dan Badan Publik Desa
  22. SK Waktu pelayanan Informasi Publik PPID
  23. SK Standar Biaya Perolehan Informasi Publik
  24. Laporan Tahunan PPID Desa
  25. Register Permohonan Informasi Publik

     INOVASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK (Aplikasi maupun Non Aplikasi)

  1. Aplikasi Sistem Informasi Pencatatan Administrasi Kependudukan dan Jendela Informasi Terintegrasi (SI CANTIK JELITA) berbasis website  https://sicantikjelita.desajatilor.grobogan.go.id  dan berbasis Android https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sicantikjelita.app&pli=1 
  2. Aplikasi e-PPID Desa Jatilor berbasis website :  http://ppid.desajatilor.grobogan.go.id dan berbasis Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ppidjatilor.app
  3. Program Layanan SEMILIR (Sehari permohonan informasi, Langsung Informasi Terkirim) berbasis website dan android
  4. Pengembangan Fitur Ramah Disabilitas Screen Reader (Pembaca Layar) pada Website Pemerintah Desa 
  5. Pengembangan Fitur Ramah Disabiltas Accessibility Menu (Menu Aksesbilitas) pada Website Pemerintah Desa
  6. Formulir Permohonan Informasi Online 
  7. Formulir Permohonan Informasi Online (Aplikasi Si Cantik Jelita)
  8. Formulir Permohonan Informasi Online (Aplikasi e-PPID Desa Jatilor)
  9. Inovasi Mitra Informasi Desa WhatsApp Group (WAG)

     DIGITALISASI DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI

 

 

Inovasi PPID Desa Jatilor

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu Layanan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Desa Jatilor, PPID Desa Jatilor terus berupaya menciptakan beberapa terobosan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan informasi publik di Desa Jatilor. Adapun inovasi tersebut antara lain:

Laporan Tahunan PPID Desa Jatilor

 

Bentuk Infromasi yang tersedia  Hard & Soft (file_pdf) 
Jangka Waktu Penyimpanan Selama Berlaku 
Jenis Media yang memuat informasi https://desajatilor.grobogan.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=306&Itemid=558 
Penanggungjawab pembuatan  PPID Desa Jatilor 
Waktu pembuatan/penerbitan update data tahun 2023 

File :

download pdf  Laporan Tahunan PPID Desa Jatilor Tahun 2020

download pdf  Laporan Tahunan PPID Desa Jatilor Tahun 2021

download pdf  Laporan Tahunan PPID Desa Jatilor Tahun 2022

LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Kades Jatilor Purwadi

PURWADI

Kepala Desa Jatilor Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Periode 2019-2025.

Read more ...

  • LHKPN_2024.jpg
  • LHKPN_2025.jpg
  • 01_suparwan.jpg
  • 02_moh_ehwani.jpeg
  • 03_suwarto.jpg
  • 04h-suparno-sp.jpg
  • 05supardi.jpg
  • 06sutiyono-skep.jpg
  • 07nasiri-sp.jpg
  • 07puji-handayaniningsih.jpg
  • 08suwartoyo.jpg
  • 1_lilik.jpg
  • 2_suyitno.jpg
  • 3_nur_hadi.jpg
  • 4_masnam.jpg
  • 5_manto.jpg
  • 6_sutik.jpg
  • 7_eka_budi.jpg

icon pengaduan 2

aplikasi si cantik jelita

website PPID Desa Jatilor

 

Tampilan web si manis

Surveilans SKM Desa Jatilor

 SURVEI PERILAKU MASYARAKAT JATILOR

  • 132_MAKLUMAT_PELAYANAN_JATILOR.jpg
  • MAKLUMAT_PELAYANAN_INFORMASI_PUBLIK.png

Hari ini 34

Minggu ini 939

Bulan ini 6847

Keseluruhan 371102

Currently are 27 guests and no members online

  • 2019_Juara_II_KIP_Kab.jpg
  • 2020_Piagam_BLT.jpg
  • 2021_Juara_1_Perpus_Grobogan.jpg
  • 2021_Juara_II_DD.jpg
  • 2021_Piagam_Kemenkumham_BUMDesa_2021.jpg
  • 2021_Piagam_PBB.jpg
  • 2021_Piagam_Pendaftaran_BUMDesa_2021.jpg
  • 2022_Juara_II_Lomba_Desa_Kab_2022.jpg
  • 2023_Piagam_Desa_Anti_Korupsi_Prov_Jateng.jpeg
  • 2023_Piagam_KIP_Prov_Jateng.jpeg
  • 2024_Pencanangan_Desa_Cantik.jpeg
  • 2024_Penghargaan_Desa_Anti_Korupsi_Kab_Grobogan.jpeg
  • PITOE_TOUR_JOS.png
  • Promo_BKK_ok.jpeg