“Terwujudnya Desa Jatilor yang Sejahtera dan Berprestasi”
Desa Jatilor Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan

pelatihan manajemen bid.pemdesaSebagai salah satu upaya peningkatan kapasitas, pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan pengelolaan manajemen bidang pemerintahan desa, maka sebanyak 28 peserta yang terdiri dari unsur aparat pemerintah desa, BPD dan perwakilan pengurus lembaga kemasyarakatan di Desa Jatilor telah mengikuti kegiatan Pelatihan Manajemen Bidang Pemerintahan Desa Tahun 2014. Kegiatan yang dibiayai dari APBDesa Jatilor Tahun Anggaran 2014 ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Jatilor yang bertempat di Convention Hall Hotel Citra Dewi 2 Bandungan.

Pelatihan Manajemen Bidang pemerintahan Desa yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu mulai tanggal 18-19 Juni 2014 ini dibuka oleh Ngusman selaku Kepala Desa Jatilor. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Nuryasin, S.STP, MH dari Bagian Pemerintahan Desa Setda Grobogan, Mundakar,S.Sos,MM dari Camat Godong pada hari Rabu, 18 Juni2014 dan dilanjutkan dengan Suratin dan Agus Suyono,S,Kom dari pengurus BKADesa Kecamatan Godong pada hari kedua.

Camat Godong Mundakar, S.Sos.MM, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kemampuan Sumber Daya Manusia adalah unsur kunci suksesnya Penyelengaraan Pemerintahan, Pembangunan, dan Pembinaan Masyarakat di Desa. Aparatur Pemerintah Desa dituntut harus memiliki pemahaman yang berdasar terhadap tugas dan kesadaran akan tanggung jawab sesuai fungsi jabatannya masing - masing. Oleh karenanya, dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang cakap, kreatif dan profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsi Pembinaan dan pelayanan oleh Aparat Pemerintah Desa sebagai Aparat yang berhubungan langsung dengan masyarakat. 

Dalam materinya, Nuryasin, S.STP, MH dari Bagian Pemerintahan Desa Setda Grobogan memaparkan substansi dari Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Sedangkan materi pada hari kedua, yakni diisi dengan materi Buku Administrasi Desa berdasarkan Peraturan Bupati Grobogan Nomor 10 Tahun2011 tentang Administrasi Desa.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta menambah pengalaman para aparat pemerintah desa, BPD dan pengurus lembaga kemasyarakatan, yang pada akhirnya dapat berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (*wan)